Harga Kain Batik Per Meter

Kebutuhan kain batik saat ini meningkat pesat. Batik tidak lagi identik dengan pakaian orang tua dan kuno. Batik telah menjelma menjadi fashion yang eksistensinya semakin diakui. Corak-corak batik modern telah menjadikannya diterima disemua kalangan. Terlebih kalangan milenial yang sudah menerima batik sebagai busana yang siap dipakai tidak hanya pada waktu menghadiri acara resmi seperti undangan pernikahan atau kondangan, tetapi juga nyaman dipakai ketika pergi kuliah dan hangout dengan teman-teman.

Berapa harga kain batik per meter? Harga batik per meter tergantung dari kualitas bahan batik yang digunakan. Selain itu harga batik juga dipengaruhi oleh jenis batiknya. Batik printing harganya lebih murah jikadibanding dengan batik cap. Harga tertinggi dipegang oleh batik tulis. Maklum saja proses pembuatan batik tulis sangat rumit dan memakan waktu lama. Rata-rata proses pembuatan satu helai batik tulis diperlukan kurang lebih 2-6 bulan. Dari ketiga jenis batik tersebut. Batik printing lebih murah. Hal ini disebabkan proses pembuatannya lebih mudah dan lebih cepat. Dalam sehari para pengrajin batik printing dapat menghasilkan ribuan meter batik. Sangat jauh bukan jika dibandingkan dengan batik tulis.

Banyak toko batik yang menjual bahan kain batik yang sudah dipotong-potong 2 meteran. Ada yang 2 meter, juga ada yang potongan 2,4 meter. Hal ini karena rata-rata kebutuhan untuk membuat satu baju dibutuhkan kain sepanjang 2 meter untuk baju lengan pendek dan 2,4 meter untuk baju lengan panjang. Tetapi untuk membuat seragam batik baik couple maupun seragam kantor, tentu lebih murah jika membeli kain batik meteran. Bagi yang berbadan gemuk, juga diperlukan kain lebih panjang, biasanya 3 meter.

Close Menu
×
×

Cart