Kain Batik

Untuk membuat baju batik diperlukan bahan kain batik. Bahan kain batik adalah lembaran kain yang sudah bermotif batik. Apabila hanya sekedar bermotif batik, kain tersebut disebut batik print. Kain batik sesungguhnya adalah batik tulis. Batik adalah teknik pewarnaan kain dengan perintang berupa malam atau lilin. Jadi batik print atau batik cetak sebernarnya bukanlah batik, melainkan kain yang bermotif batik. Kain print dibuat tidak menggunakan perintang lilin. Kain Print dibuat dengan cara sablon.

Jenis kain batik

Secara umum masyarakat mengenal jenis kain batik ada 3 macam. Yaitu batik print, batik cap dan batik tulis. Batik print diproses dengan menggunakan teknik sablon. Batik cap diproses dengan menempelkan perintang lilin menggunakan cap atau stempel. Sedangkan batik tulis adalah benar-benar kain batik yang dibuat dengan tangan/handmade. Proses batik tulis dimulai dengan membuat sketsa diatas kain mori. Kemudian dilanjut proses perintang denga menggunakan alat khusus berupa canting.

Bahan blus dan dress batik

Kebutuhan bahan kain batik untuk membuat baju batik wanita itu berbeda-beda. Tergantung ukuran dan variasi yang dibuat. Secara umum untuk membuat blus batik dan dress batik diperlukan bahan kain berukuran panjang 2m. Lebar kain batik biasanya 105-115cm. Panjang 2m tersebut untuk membuat atasan batik pendek. Untuk dress panjang diperlukan panjang kain sekitar 2,4m. Bahkan untuk membuat gamis wanita muslimah diperlukan kain lebih panjang lagi. Untuk gamis kadang 2,4m sudah cukup apabila dikombinasikan dengan kain polos. Misalnya dikombinasikan dengan kain katun Toyobo.

Bahan kemeja batik

Untuk membuat satu potong kemeja batik lengan pendek diperlukan kain kurang lebih 2m. Untuk ukuran S dan M biasanya cukup 1,8m. Panjang kain batik 2m dapat dibuat baju lengan pendek sampai ukuran XXL. Sedangkan untuk membuat kemeja batik lengan panjang dibutuhkan kain dengan panjang kurang lebih 2,4m. Kain 2m sebernarnya bisa juga dijahit menjadi baju batik pria lengan panjang. Tetapi hanya ukuran S dan M. Kebutuhan bahan kemeja batik pria juga tergantung corak batiknya. Mungkin juga ukuran 2m tidak cukup untuk membuat baju ukuran XL karena penjahit harus menemukan keserasian dalam memotong dibagian depan. Bagian depan, corak yang dihasilkan harus nyambung agar enak dilihat. Untuk memudahkan penjahit, ada satu jenis kain yang memang dibuat untuk kemeja pria. Kain batik ini disebut kain batik pola kemeja. Bagian-bagian baju, seperti lengan, badan depan belakng, lengan, saku dan kerah, sudah dipetakan sedemikian rupa sehingga penjahit tinggal memotong tanpa perlu memikirkan corak apa yang tepat untuk ditampilkan terutama bagian depan.

Close Menu
×
×

Cart